Syarat Interaksi Sosial

10:21 PM

baca juga

Syarat interaksi sosial
Menurut soerjono soekamto, interaksi sosial berlangsung apabila memenuhi 2 syarat berikut ini.
a. Terjadi kontak sosial
Kontak sosial adalah peristiwa terjadinya pertemuan atau saling berhubungan anara dua orang atau dua pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dua orang yang terlibat percakapan langsung secara bertatap muka merupakan contoh terjadinya kontak sosial secara langsung. Apabila proses interaksi sosial itu berlangsung melalui telepon atau surat, maka terjadi kontak sosial secara tidak langsung. Dengan demikian, suatu proses interaksi sosial tidak selalu harus terjadi kontak fisik, tetapi dapat pula tanpa kontak fisik, tetapai menggunakan media komunikasi.
Macam kontak social:
a. Menurut cara yang dilakukan
1. Kontak langsung
Merupakan kontak yang terjadi dimana pihak komunikator menyampaikan pesan secara langsung kepada komunikan melalui tatap muka maupun melalui media komunikasi.
2. Kontak tidak langsung
Merupakan kontak social dimana pihak komunikator ,enyampaikan pesannya kepada komunikan melalui perantara atau media tertentu.

b. Menurut proses terjadinya
1. Kontak primer
Merupakan kontak social yang terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang berhubungan secara langsung melalui tatap muka.

2. Kontak sekunder
Merupakan kontak social yang terjadi melalui pihak ketiga atau media komunikasi.

c. Menurut sifat
1. Kontak positif
Merupakan suatu bentuk kontak social yang mengarah pada suatu kerja sama.
2. Kontak negative
Merupakan kontak social yang pengarah pada suatu pertentangan bahkan berakibat memutuskan interaksi.
d. Menurut bentuknya
1.Kontak social antara individu dengan individu
2. Kontak social antara kelompok dengan kelompok
3. Kontak social antara individu dengan kelompok

b. Terjadi komunikasi sosial
Komunikasi sosial adalah proses saling berhubungan antara dua orang/ pihak atau lebih dalam pikiran, perasaan, dan tindakan dengan menggunakan media atau alat tertentu. Dua orang terlibat dalam percakapan lisan, dua kelompok siswa terlibat diskusi di kelas, dua orang remaja yang sedangt bertelepon merupakan contoh komunikasi sosial.
Dalam proses komunikasi sosial itu terdapat unsur-unsur berikut
- Ada dua pihak yang terlibat dalam komunikasi
- Ada media atau alat yang digunakan dalam berkomunikasi
- Ada pesan atau persoalan yang dibahas bersama dalam komunikasi
- Ada respon atau reaksi dari pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi
Ada tiga tahapan dalam komunikasi :
1. Enconding
Pada tahap ini gagasan atau program yang akan dikomunikasikan diwujudkan dalam kalimat atau gambar. Dalam tahap ini komunikator harus memilih kata atau istilah, kalimat dan gambar yang mudah dipahami oleh komunikan. Komunikator harus menghindari penggunaan kode-kode yang membingungkan komunikan.
2. Penyampaian
Pada tahap ini istilah atau gagasan yang telah diwujudkan dalam bentuk kalimat dan gambar disampaikan. Penyampaian dapat berupa lisan dapat berupa tulisan atau gabungan dari keduanya.
3. Deconding
Pada tahap ini dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar yang diterima menurut pengalaman yang dimiliki
Komunikasi sosial yang dilakukan oleh dua pihak itulah yang memungkinkan terjadinya proses interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat. Tanpa komunikasi social, tidak mungkin suatu interaksi sosial dapat berlangsung. Bahasa merupakan media atau alat komunikasi yang paling efektif dalam proses interaksi sosial. Dua orang yang berebda bahasa tentu saja akan mengalami kesulitan dalam interaksi sosial. Orang di Indonesia yang sedang berkunjung ke Negara-negara eropa, jika tidak mampu berbahasa inggris, akan mengalami kesukaran dalam menjalin komunikasi sosial.
Dengan demikian, kehidupan masyarakat diwarnai oleh komunikasi sosial dan interaksi sosial. Di rumah, seorang anak berinteraksi sosial dengan orang tuanya. Di sekolah, berinteraksi dengan teman dan guru-gurunya. Di masyarakat, ia berinteraksi dengan teman-teman sebaya. Proses interaksi sosial yang berjalan efektif akan menciptakan keteraturan dan dinamika sosial.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Loading...